​Badan Jalan Depan Kemenag Kutim Terputus

Sangatta, KanalKatim.com – Badan jalan yang ada di Jalan Prof DR Wirjono Prodjodikoro – Bukit Pelangi, atau tepatnya di depan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kutai Timur (Kutim), Senin (29/1) siang mengalami amblas. Bahkan kondisi badan jalan yang masih tersisa pun sangat rawan untuk dilewati kendaraan roda dua. Akibatnya, kendaraan roda empat maupun roda dua yang sudah terlanjut masuk kedalam jalur tersebut terpaksa harus memutar dan berbalik arah. 
Menurut warga yang bermukim di sekitar lokasi, kondisi amblasnya badan jalan tersebut sebenarnya sudah terjadi sekitar dua tahun silam. Namun memang seakan tidak terlalu diperhatikan oleh pihak berwenang. Akibat curah hujan yang melanda Sangatta dalam beberapa hari terakhir cukup tinggi, diduga menjadi pemicu parahnya amblas badan jalan tersebut. Ditambah lagi badan jalan yang terus dilalui kendaraan, menyebabkan labilnya pondasi jalan akibat getaran.
Kepala Dinas PU Kutim, Aswandini Eka Tirta saat dikonfimasi KanalKaltim.com, mengaku jika pihaknya sudah melakukan penutupan total pada jalan di lingkungan kantor pemerintahan Kutim tersebut. Masyarakat atau pegawai yang ingin melewati jalan tersebut untuk berpergian ke kantor, diminta memutar arah dan mengambil ruas jalan lainnya.
“Besok akan kami mulai perbaiki. Kita putus total dulu dengan alat berat, lalu kita pasang gorong-gotong disitu”, ujarnya.
Terkait pendanaan perbaikan, Aswan mengaku tidak bisa memperhitungkan. Pasalnya hingga saat ini anggaran yang ada pada Pemkab Kutim, juga tak kunjung dicairkan.
“Kan tau sendiri klo kita belum ada anggaran. Belum cair lagi. Tapi tetap kita perbaiki menggunakan swakelola yang ada. Yang penting jalan tersebut bisa difungsikan terlebih dahulu”, tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *