Balikpapan Siapkan 142 Ha Lahan  Untuk Bangun Depo Terminal Barang

Balikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan berencana meresmikan Depo Terminal barang di Kawasan Industri Kariangau (KIK) bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Balikpapan pada 10  Februari ini.

Keberadaan Depo Terminal ini diharapkan dapat mendukung operasional KIK dan Kaltim Kontainer Terminal atau KKT, termasuk perusahaan pergudangan dan industri di wilayah Kaltim.

Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, sedikitnya 4 hektare lahan telah disiapkan untuk pembangunan depo terminal ini. Total lahan yang diperlukan untuk pembangunan depo teminal ini tercatat mencapai 142 hektare.

“Mereka pastikan lebih memilih Pelabuhan Balikpapan, karena kapasitasnya lebih besar untuk kapal yang besar,dibandingkan Pelabuhan Palaran yang terkendala pendangkalan Sungai Mahakam,” Kata Rahmad.

Dengan pembangunan Depo Terminal ini diharapkan mampu meningkatkan pemasukan daerah  serta meningkatkan pertumbungan perekonomian dari kegiatan bongkar muat.

“Apalagi kalau jalan tol sudah selesai, kalau ke Samarinda jadinya Cuma 1 jam, sama saja dengan Palaran yang keluar dari pelabuhannya juga kurang lebih segitu,” kata Rahmad.

Rahmad menjelaskan, dengan pembangunan depo terminal ini di Kawasan Industri Karingau dapat meningkatkan kapasitas pelayanan pelabuhan dibandingkan dengan pelabuhan palaran samarinda yang terbatas pada kondisi suangai mahakam yang terkendala oleh pendangkalan.

(mna) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *