LAKI Minta Dewas BUMD Terpilih Ditinjau Ulang

Balikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan diminta untuk meninjau ulang daftar anggota Dewan Pengawas dua perumda yang telah ditetap.

Jajaran nama-nama  anggota dewan terpilih tersebut diduga ditetapkan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena ada beberapa nama  anggota dewas yang terpilih terindikasi masih berstatus sebagai pengurus di salah satu partai politik.

“Selaku ormas, Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI), kami keberatan dengan keputusan ini, kami meminta kepada Wali Kota selaku KPM, yang memegang kebijakan dalam proses pemilihan dewas ini, harus bisa menerima saran dari elemen masyarakat,” kata Ketua LAKI Kota Balikpapan Oki Alfiansyah, SH, MH kepada wartawan, Selasa (7/6).

Ia menyampaikan bahwa proses seleksi anggota Dewas, baik  Perumda Manuntung Sukses dan Perumda Tirta Manggar atau PDAM harus sesuai dengan dengan PP 54 tahun 2017, yang mewajibkan  pengurus partai  mengundurkan diri sebelum mendaftar menjadi anggota Dewas.

“Saya kira ini kinerjanya sangat teledor karena karena sesuai dengan PP 54 tahun 2017, pengurus partai itu harus mengumpulkan diri sebelum terpilih menjadi anggota dewas.Surat pengunduran diri itu harus disampaikan dan diumumkan, yang menunjukkan bahwa pengurus bersangkutan sudah benar-benar mengundurkan diri,” ujarnya.

Ia mengungkapkan masih banyak warga Balikpapan yang kompeten dan kredibel serta profesional untuk dipilih.

Ia menegaskan kalau Usulan ini tidak diindahkan, maka dirinya  akan menyurat kepada lembaga-lembaga resmi Dewan Pengawas yang ada di pemerintahan ba di tingkat provinsi hingga yang di tingkat pusat. Termasuk Kemendagri ataupun ke presiden. “Hal ini merupakan sesuatu yang tidak bisa dibiarkan karena kota Balikpapan selama ini adalah kota yang bebas dari KKN,” tegasnya.

Sesuai keputusan, pemerintah kota Balikpapan telaah menetapkan daftar Calon Anggota Dewas Perumda Tirta Manuntung Balikpapan yakni  Muhaimin, ST, MT yang merupakan Pejabat Pemkot Balikpapan. Drs. Rusdhie A Gani T. Sanua dari Supriadi S.Pi dari Independen

Sedangkan untik Calon Anggota Dewas Perumda Manuntung Sukses yakni  Agus Budi Prasetyo, SIP, MT yang merupakan Pejabat Pemkot Balikpapan,  Andi Aktifuddin, SE dan Rosman, S.Ag dari Independen.

(man)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *