Proyek Pipa Gas Balikpapan-Senipah Diharapkan Segera Rampung

Balikpapan – Proyek pembangunan proyek strategis nasional pipa gas Senipah-Balikpapan segera rampung sehingga bisa dirasakan berkontribusi kepada daerah.
Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor memberikan apresiasi kepada proyek strategis nasional ini. Ia mendukung proyek ini agar segera terealisasi.
Proyek ini dibangun untuk mendukung peningkatan kapasitas pengolahan dan produksi Kilang Pertamina Balikpapan dengan sumber gas berasal dari KKKS di wilayah Senipah, Kutai Kartanegara, Kaltim.
“Bagus, mantap, semoga pekerjaannya lancar,” katanya, Senin (28/8) di Balikpapan.
Ke depan, proyek pipa gas Senipah-Balikpapan diharapkan berkontribusi kepada Kaltim khususnya. Sebelumnya, ia juga mendukung proyek koneksi pipanisasi gas yang direncanakan pemerintah pusat. Isran mendorong pemanfaatan gas alam bisa merata ke masyarakat sehingga segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekaligus memenuhi kebutuhan daerah. Apalagi, saat ini telah pemindahan ibu kota negara akan dilakukan pemerintah pusat ke Provinsi Kalimantan Timur.
Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, adanya proyek nasional pipa gas Senipah-Balikpapan secara ekonomi pasti akan menguntungkan daerah juga.
“Pemerintah tentu sudah menimbang. Apalagi ini proyek strategis nasional pasti manfaatnya akan banyak untuk daerah dan masyarakat nantinya,” ujarnya.
Ia juga mengucapkan terima kasih. “Saya mewakili Pemkot Balikpapan mengucapkan terima kasih atas pembangunan proyek nasional ini. Hanya saja tetap perlu dikawal dalam proses pembangunannya. Apalagi, yang bersinggungan langsung dengan masyarakat,” tuturnya.
Ia juga mengingatkan, jangan sampai terjadi gangguan pada suplai gas di kemudian hari. “Saya yakin proyek nasional ini untuk kebaikan bersama,” bebernya.
Kedepan, ia berharap jaringan gas yang terbangun ini, bisa bermanfaat kepada gas rumah tangga. “Infrastruktur sudah terbangun, tinggal caranya saja nanti. Justru lebih mudah mengcover gas rumah tangga di Balikpapan khususnya. Tinggal kami, nanti yang meminta menambah kuota. Program gas ini kan jangka panjang tentu pemanfaatan gas nanti bisa dimaksimalkan,” ungkapnya.
Perlu diketahui, Proyek Pipa Gas Senipah – Balikpapan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional sesuai dengan Peraturan Presiden RI No. 56 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden No. 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional RDMP RU V Balikpapan sebagai PSN (Proyek Strategis Nasional).
(mna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *