Masuk Tahun 2020, PDAM Target Tuntaskan Daftar Tunggu

Balikpapan- Tingginya animo masyarakat di Balikpapan untuk mendapatkan layanan sambungan PDAM masih harus berhadapan dengan kendala ketersediaan air baku. Saat ini waduk Manggar masih menjadi satu-satunya sumber air baku untuk memasok air ke seluruh pelanggan yang ada di Balikpapan. Sedangkan waduk Teritip yang digadang-gadang mendampingi waduk Manggar belum juga beroperasi.

Direktur Teknik PDAM Kota Balikpapan, Arief Purnawarman mengakui permintaan sambungan baru dari masyarakat yang ada di Balikpapan saat ini cukup tinggi. Hal itu masih belum sebanding dengan kemampuan PDAM untuk memfasilitasi layanan pemasangan air ke pelanggan karena pertimbangan sumber air yang tersedia.

“Capaian layanan air PDAM baru menjangkau 76 persen pelanggan atau sekitar 100 ribu sambungan,” ucap Arief. Sehingga keberadaan waduk Teritip yang akan dioperasikan di akhir tahun diharapkan mampu digunakan secara optimal sebagai penyuplai air baku.

Rencananya menurut Arief, kawasan Balikpapan Timur menjadi target utama yang akan mendapatkan sambungan air dari wadukTeritip. Seperti kelurahan Teritip, Lamaru, Manggar Baru, Manggar, Sepinggan dan Batakan. Mengingat daftar tunggu sambungan air PDAM hingga saat ini mencapai 20 ribu pelanggan.

“Antrian daftar tunggu kita sebanyak 20 ribu sambungan baru dan tentu mereka ingin cepat terlayani,” tambah Arief. Sementara untuk mencapai layanan hingga 100 persen, PDAM Kota Balikpapan harus memiliki pasokan air sebanyak 2.000 liter per detik. (zha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *