Kaltim Siap Sambut Mudik Lebaran

Samarinda – Dalam mempersiapan mudik lebaran 2024, Pemprov Kaltim melalui Biro Kesejahteraan Rakyat menggandeng Dinas Perhubungan menggelar Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran yang melibatkan seluruh pihak-pihak terkait agar tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran transportasi pada arus mudik.

Rakor tersebut juga membahas masalah kesiapan menjelang arus mudik dan arus balik jalur darat, laut, dan udara, khususnya bagi masyarakat Kaltim di momen Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, baik masalah pengamanan dan sarana dan prasarana serta perkiraan situasi menjelang, proses dan sesudah kegiatan.

Mewakili Pj Gubernur Kaltim sekaligus membuka kegiatan, Asisten Administrasi Umum, Riza Indra Riadi mengatakan Hari Raya Idul Fitri selalu menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh masyarakat Indonesia, khususnya Kaltim untuk mudik dan bepergian di masa libur lebaran.

“Kita berharap rapat dan persiapan ini akan memberikan manfaat pada penanganan arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah Tahun 2024,” ucap Riza saat membuka kegiatan Rakor Angkutan Lebaran di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (26/4/2024).

Dirinya menjelaskan bahwa Pemprov berkomitmen dalam memastikan keselamatan keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik yang melintas di Kaltim. Untuk mewujudkannya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah mengatur angkutan lebaran dan memperhatikan ketersediaan armada, serta pengaturan trayek yang optimal.

Kemudian, berkoordinasi dengan stake holder baik pusat dan daerah, TNI dan POLRI, Kementerian Perhubungan dan operator angkutan umum. Poin selanjutnya yakni inspeksi angkutan lalu lintas dengan melakukan rampcheck angkutan umum untuk keselamatan. Menyiapkan fasilitas sarana dan prasarana angkutan umum.

Melakukan manajemen rekayasa lalu lintas dan posko bersama juga harus dilakukan serta inspeksi bersama pemantauan lebaran. Terakhir, adalah mematuhi aturan yang telah ditetapkan sebagai kunci perjalanan aman dan nyaman bagi semua pihak.

“Ini bukan tugas yang mudah, tapi saya percaya bahwa kerja sama antara semua pihak adalah kunci sukses dalam memastikan transportasi selama musim mudik berjalan lancar dan aman. Saya berharap kepada seluruh pihak untuk bekerja sama dengan penuh dedikasi dan semangat untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan masyarakat yang melakukan perjalanan selama musim mudik,” ungkap Riza.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan paparan materi terkait dari Dinas Perhubungan Prov Kaltim, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR dan Dirlantas Polda Kaltim. (*/diskominfokaltim)