PDAM Ajak Warga Cegah Pencurian Air

Balikpapan- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Balikpapan terus melakukan berbagai strategi untuk mencegah kasus kebocoran distribusi air. Sebab tindak pencurian air yang masih terjadi cukup merugikan bagi PDAM maupun pelanggan. Saking seringnya kasus ini, tidak terhitung lagi PDAM Kota Balikpapan melakukan perbaikan di titik pencurian.
Kepada KanalKaltim.com, Direktur Utama PDAM Tirta Manggar Kota Balikpapan, Haidir Efendi menjelaskan bahwa proses pencurian air ini selalu sama dan mudah dilakukan. Di mana pelaku tinggal memotong saluran dan mengambil air melalui pipa yang tepat berada di sebelah meteran air PDAM.
Haidir menyebutkan, kasus pencurian terbanyak masih didominasi kawasan kecamatan Balikpapan Barat yang merupakan kawasan padat penduduk. Meski saat ini tindak pencurian air juga sudah berkembang di kecamatan lainnya.
“kami hanya bisa melakukan pelaporan ke pihak kepolisian jika menemukan tindak pencurian air dan tidak lebih dari itu,” tutur Haidir. Sebab proses hukum baru bisa berjalan jika ada yang tertangkap tangan melakukan pencurian air. Dilengkapi dengan saksi dan alat bukti yang sah. Sehingga jika mendapat laporan pencurian air, PDAM hanya fokus melakukan perbaikan dan rehabilitasi jaringan sesuai kewenangannya.
Adapun untuk mengatasi pencurian air, PDAM juga berusaha membangun kesadaran masyarakat agar tidak mencuri air lewat berbagai kegiatan. Seperti senam kampung maupun silaturahmi yang melibatkan kepolisian dan masyarakat. “Apabila beragam cara pendekatan tersebut tidak membuat masyarakat sadar, PDAM akan membawa masalah ini ke ranah hukum,” tegas Haidir. (zha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *