PDAM Balikpapan Masih Tunggu Kepastian Waduk Teritip

Balikpapan, kanalkaltim.com- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Balikpapan mengaku belum bisa menargetkan penambahan jumlah pelanggan seiring dengan rencana pengoperasian waduk Teritip pada akhir tahun ini. Hal tersebut terkait belum diketahuinya secara pasti volume air baku di waduk Teritip yang akan dioperasikan oleh PDAM.

DirekturUtama PDAM Kota Balikpapan, Haidir Effendi mengatakan dari pengoperasian waduk Teritip PDAM bisa menambah jumlah sambungan baru antara 8.000 sampai 10.000 secara bertahap. Di mana kawasan Balikpapan Timur akan menjadi fokus utama penambahan sambungan baru tersebut.

“Ini baru secara kalkulasi. Tapi masih harus kita lihat lagi besaran air baku yang tersedia,” kata Haidir. Sebab waduk Teritip saat ini masih dalam tahap pembangunan Water Treatment Plant (WTP) dan pemasangan pipa jalur distribusi dengan perkiraan produksi air hingga 200 liter per detik.

Haidir menilai keberadaan waduk Teritip akan cukup positif meningkatkan layanan sambungan air di Balikpapan. Mengingat animo masyarakat untuk menjadi pelanggan PDAM cukup tinggi hingga saat ini. Sementara kemampuan PDAM melayani permintaan sambungan masih terbatas karena hanya mengandalkan waduk Manggar sebagai satu-satunya sumber air baku saat ini.

“Capaian kami hari ini baru 76 persen atau mencapai 100.000 sambungan. Ini tentu harus ditingkatkan kalau bicara keadilan pasokan air bagi masyarakat semua,” jelas Haidir. (zha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *