Pemprov Kaltim Dorong Sektor Pariwisata Jadi Lokomotif Perekonomian

Samarinda- Upaya mendatangkan wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara terus dilakukan, di tengah-tengah keterbatasan dan rendahnya pertumbuhan ekonomi. Upaya itu didasari atas keyakinan bahwa sektor pariwisata bisa menjadi lokomotif untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Pariwisata itu melintas multi sektor dan karena itu menjadi tanggung jawab semua sektor. Selain memiliki potensi yang cukup menarik, kita juga mengalami kelemahan di bidang infra struktur (aksesibilitas) untuk menuju destinasi wisata, khususnya wisata alam dan budaya, karena luasnya wilayah ini.

Walaupun demikian, keunikan dan keragaman potensi destinasi wisata yang memiliki daya tarik, terutama alam dan budayanya itu kiranya tetap dapat menarik para wisatawan tanpa terhalang oleh kelemahan di aksesibilitas. Apalagi, pingu masuk wisatawan itu ditunjang oleh kehadiran bandara Internasional terbaik di dunia, ialah Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) Balikpapan.

Syukur alhamdulillah, Pak Handy Heryudithiyawan, general manager Angkasa Pura I Bandara SAMS Balikpapan yang belum menduduki jabatan itu sangat bergelora meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kaltim.

Setelah diundang pada Rakornis Pariwisata Kaltim bulan Nopember lalu, kemarin Pak Handy memaparkan programnya untuk menyelenggarakan Collaborative Destinasion Development (CDD) Angkasa Pura se-Indonesia di Balikpapan bulan Februari atau selambatnya Maret 2018.

Menurut Pak Handy, yang didampingi Pak Dewa Putu Sudharma (shared service department head), Pak Made (sales departement head) dan Pak Rio (Humas), dan jajarannya, melalui CDD itu kelak diharapkan dihasilkan rumusan-rumusan bagi upaya peningkatan kunjungan wisatawan melalui pintu Balikpapan.

Direktur Hotel Platinum Hotel Pak Sugianto, Direktur Hotel Yulidar Gani, Bu Irma Kabid Pariwisata Disparpora Balikpapan, Joko Purwanto, Direktur Utama PT Trans Borneo yang hadir pada pertemuan pra CDD menyambut baik dan akan memberikan dukungan sepenuhnya bagi suksesnya acara tersebut.

Karena peserta CDD sangat berperan bagi upaya menarik wisatawan ke Kaltim melalui pintu bandara SAMS Balikpapan, maka insan pariwisata, pemerintah dan masyarakat sangat diharapkan perannya, terutama untuk terus menjaga ketertiban, kebersihan, kerapihan, keindahan kota. (pariwisatakaltim.com/zak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *