PT KPB Memberikan Tips Seminar Kesehatan, Bertujuan Mengelola Stress dan Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

Balikpapan – Bagi sebagian orang pekerjaan adalah bagian penting dari kehidupan, akan tetapi tekanan dan stres yang berhubungan dengan pekerjaan dapat mengganggu kesejahteraan mental. Tempat kerja adalah lingkungan yang memiliki potensi untuk memengaruhi kesehatan mental dengan berbagai cara. Oleh karena itu, penting untuk mengenali pertanda stres serta bagaimana mengatasi stres kerja agar dapat menjaga kesehatan mental dengan baik.

Guna meningkatkan kinerja yang semakin baik dan pengendalian stres bagi pekerjanya, PT Kilang Pertamina Balikpapan melalui Fungsi Medical mengadakan seminar dengan tema “Seni Berbahagia di Tempat Kerja” yang diselenggarakan pada Rabu (22/05) di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan. Menghadirkan pembicara yang ahli di bidangnya yaitu dr. Santi Yuliani, M.Sc., Sp.KJ dan dr. Andhika Raspati, Sp.KO, seminar tersebut berlangsung meriah dan dihadiri Perwira PT KPB.

Dibuka langsung oleh VP HSSE PT KPB Defrinaldo, seminar dikemas dalam bentuk talkshow interaktif yang menarik. Menurut Aldo, kesehatan mental yang baik di tempat kerja adalah aset berharga bagi diri sendiri bahkan bagi perusahaan, “Mengenali tanda-tanda stres kerja dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya dapat meningkatkan kualitas hidup dan membantu mencapai keseimbangan yang sehat”, ujarnya didampingi jajaran manajemen dan tim medical PT KPB.

Narasumber pertama dr. Santi Yuliani, M.Sc.,Sp.KJ menyampaikan cara mencegah “Burn Out Stress Relief” baik secara emosional maupun mental, yang sering kali disertai dengan penurunan motivasi, kinerja, serta munculnya sikap negatif terhadap diri sendiri dan orang lain. Dokter yang berasal dari Yogyakarta ini menjelaskan ciri-ciri Burn Out mulai dari ciri fisik, psikologis, sosial, dan perilaku. Ia juga menyampaikan cara mengatasinya yaitu dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan, melakukan evaluasi terhadap pilihan, mencari dukungan, dan yang terpenting adalah fokus. Para pekerja juga diberikan pemaparan mengenai roda kesehatan yang optimal secara intelektual dalam kemampuan berfikir, jasmani, emosi , sosial, spiritual, dan pekerjaan.

Narasumber kedua, dr. Andhika Raspati, Sp.KO, membahas tentang “Healthy Lifestyle” sebagai cara mengatasi stres yang tidak hanya melibatkan pikiran, tetapi juga hidup sehat dan bugar. Menurutnya, gaya hidup sehat dapat merangsang hormon-hormon seperti Dopamin dan Endorfin. Olahraga juga dapat menjadi ajang networking dan bonding serta sebagai pengobatan untuk depresi. Dr. Andhika juga memberikan contoh olahraga yang bisa dilakukan di rumah untuk para pekerja yang sibuk sehingga tetap bisa menjaga kebugaran meski dengan waktu yang terbatas.

PT KPB sangat memprioritaskan kesehatan fisik dan mental para pekerjanya. Seminar kesehatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan strategi praktis bagi para pekerja untuk mengelola stres dan menjaga kesejahteraan mental mereka, sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Sebagai pengelola Proyek Strategis Nasional (PSN) RDMP Balikpapan dan Lawe-Lawe, keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan sebuah aset utama bagi perusahaan dan memiliki peran strategis sebagai perencana, pemikir, pengendali, pengawas segala aktifitas proyek demi terwujudnya Ketahanan, Kemandirian, dan Kedaulatan Energi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *