Puluhan Pedagang Pasar Landasan Desa Wanasari Muara Wahau Ikuti Rapid Tes

Kutai Timur – Sebanyak 59 orang pedagang Pasar Desa Wanasari yang terletak di Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), mengikuti tes rapid massal yang dilaksanakn tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Kecamatan Muara Wahau, Selasa 14 Juli 2020, kemarin. Kegiatan rapid tes massal ini juga didukung tim Puskesmas Muara Wahau II, Polsek Muara Wahau, Koramil Muara Wahau, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Muara Wahau, dan PT DSN Group.

Camat Muara Wahau, H Ashari melalui pesan singkat aplikasi WhatsApp menyebutkan pelaksanaan tes rapid massal kali ini memang sengaja menjadikan para pedagang yang berada di Pasar Landasan Desa Wanasari Kecamatan Muara Wahau sebagai targetnya. Pasalnya, pasar berpotensi menjadi pusat penyebaran COVID-19. Terlebih aktivitas di Pasar Landasan Wanasari juga kerap didatangi para pedagang dari luar Muara Wahau, termasuk pedagang sayur mayur dan bahan kebutuhan pokok lainnya dari Sangatta dan Samarinda. Dari 59 orang pedagang yang mengikuti tes rapid, semua dinyatakan non reaktif.

“Memang sengaja kami menyasar para pedagang di Pasar Landasan Desa Wanasari, Muara Wahau. Pasalnya pasar tersebut merupakan pasar sentral di Kecamatan Muara Wahau. Sehingga yang datang dan berjualan tidak hanya pedagang lokal Muara Wahau, tetapi juga kadang ada pedangan dari Sangatta dan Samarinda. Terlebih pasar memang berpotensi menjadi pusat penyebaran COVID-19, karena banyaknya warga yang berkumpul dan beraktivitas. Alhamdulillah, dari 59 pedagang yang kami rapid tes, semuanya dinyatakan non reaktif,” ujarnya.

Lanjut Ashari, sudah menjadi komitmen bersama tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Kutai Timur, Kecamatan hingga tingkat desa, untuk ikut serta mengajak warga untuk melakukan pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19 di tengah-tengah masyarakat. Tidak hanya melakukan tes rapid massal, namun pihaknya juga terus melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, terutama agar warga patuh menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Kami juga bekerja sama dan terus berkoordinasi dengan seluruh jajaran Muspicam (Musyawarah Pimpinan Kecamatan, red), perangkat desa hingga tingkat RT (Rukun Tetangga, red) di Kecamatan Muara Wahau, untuk terus mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan COVID-19. Masyarakat dihimbau dan diingatkan untuk patuh menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Rajin mencuci tangan dengan sabun saat sebelum dan usai beraktivitas atau menyentuh sesuatu yang digunakan oleh masyarakat umum, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Terlebih Kecamatan Muara Wahau merupakan salah satu kecamatan di Kutim yang memiliki temuan tingkat kasus positif COVID-19 yang tinggi. Kami berharap dengan adanya kepatuhan warga menerapkan protokol kesehatan, maka mampu menekan angka penularan COVID-19 di Muara Wahau,” sebut Ashari.

Di tempat terpisah, sebanyak 22 orang pedagang pasar Desa margamulya Kecamatan Kongbeng, Kutim juga mengikuti tes rapid massal yang dilaksanakan Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kecamatan Kongbeng. Dari sebanyak 22 orang pedangan yang mengikuti rapid tes massal, kesemuanya juga dinyatakan non reaktif. (ibn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *