Tol Balikpapan Samarinda Terapkan Uang Elektronik

Balikpapan – Menjelang beroperasinya Jalan Tol Balikpapan Samarinda, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan bekerja sama dengan PT. Jasamarga Balikpapan Samarinda dan Pemerintah Kota Balikpapan serta didukung oleh 5 bank di Balikpapan (BNI, BRI, Bank Mandiri, BTN, dan BCA) akan menyelenggarakan kampanye elektronifikasi pembayaran pada Tol Balikpapan – Samarinda yang bertajuk Balikpapan E-Toll Day pada hari Minggu, 15 Desember 2019 di Lapangan Merdeka Kota Balikpapan.

Dalam media briefing Bank Indonesia yang digelar pada tanggal 13 Desember 2019, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Bimo Epyanto menyampaikan bahwa Balikpapan E-Toll Day bertujuan sebagai bentuk kampanye untuk mengedukasi dan mensosialisasikan tentanf elektronifikasi pembayaran Tol Balikpapan – Samarinda kepada masyarakat Kota Balikpapan. Hal ini mengingat pembayaran transaksi pada tol tersebut nantinya hanya menerima pembayaran dengan uang elektronik sehingga penting bagi masyarakat untuk terinformasi dengan baik dan jelas secara langsung.

Balikpapan E-Toll Day menargetkan ±4.000 orang masyarakat Kota Balikpapan untuk hadir dan mengikuti rangkaian kegiatan. Aswin Kosotali, Kepala Tim Sistem Pembayaran dan Pengelolalan Uang Rupiah Bank Indonesia Balikpapan menyampaikan bahwa selain sosialisasi mengenai elektronifikasi jalan tol atau e-toll, acara juga akan diisi penukaran kartu GPN, Food Festival, Zumba Party, Funwalk Sehat, serta Lomba Rangking Satu yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat dengan GRATIS. Bank Indonesia juga menyediakan hadiah utama berupa satu unit sepeda motor dan hadiah menarik berupa uang elektronik bernilai belasan juta Rupiah. Selain itu, sebagai bagian dari kampanye elektronifikasi, seluruh transaksi dalam area Balikpapan E-Toll Day juga wajib menggunakan non tunai.

Bank Indonesia mengharapkan partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan tersebut sehingga elektronifikasi jalan tol Balikpapan – Samarinda dapat berlangsung secara lancar dan turut mendukung Kota Balikpapan sebagai Smart City di Pulau Kalimantan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *