KPPU KPD BALIKPAPAN HADIRI RAKOR SATGAS PANGAN POLDA KALTIM

Balikpapan – Satuan Tugas Pangan Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Satgas Pangan Polda Kaltim) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Lintas Lembaga dalam rangka Stabilisasi Komoditas Pangan Menjelang Pemilu 2019 di ruang rapat DIRKRIMSUS POLDA Kaltim.
Rakor ini dipimpin langsung oleh Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kaltim, Komisaris Besar Polisi Budi Suryanto serta dihadiri oleh Kepala KPPU KPD Balikpapan, BULOG, Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan, Dinas Perdagangan serta Pertamina. Budi menyampaikan rapat koordinasi ini diselenggarakan dalam rangka membahas kondisi ketersediaan bahan pangan, rantai distribusi pangan, dan pemantauan harga pangan menjelang Pemilu 2019.
“Satgas Pangan Polda Kaltim melakukan koordinasi secara berkala dengan seluruh Polres, data harga yang didapatkan merupakan hasil sidak ke distributor – distributor dan pedagang baik di pasar tradisional maupun pasar modern” ujar Budi.
KPPU KPD Balikpapan sendiri menginformasikan bahwa salah hal yang harus diantisipasi oleh Satgas Pangan adalah dampak dari kenaikan tarif Surat Muatan Udara (SMU) pada penerbangan domestik. Telah terjadi kenaikan tarif kargo pengiriman barang di atas 120 persen, dimana hal ini akan berdampak terhadap harga komoditas pangan yang didatangkan dari luar kota Balikpapan. Salah satunya adalah Day Old Chicken (DOC) Ayam Broiler yang merupakan ayam dengan umur dibawah 10 hari dan paling lama 14 hari setelah ayam itu menetas, DOC Ayam biasanya dijadikan peternak sebagai bibit untuk diternakkan oleh peternakan ayam khususnya peternakan ayam potong.
“Harga daging ayam akan mulai merangkak naik, karena tingginya biaya tarif kargo pengiriman barang. KPPU saat ini sedang melakukan penelitian terkait dengan naiknya biaya logistik udara, dimana KPPU telah mengundang ASPERINDO untuk mengumpulkan data dan informasi” tutup Abdul Hakim.
Selanjutnya Satgas pangan melakukan sidak ke Pasar Tradisional dan Pasar Modern untuk memantau ketersedian dan perkembangan harga komoditas pangan. (Hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *