Lantik Lima Pejabat Fungsional, Bupati Ismu Minta Kinerja Maksimal

Sangatta (Kutai Timur) – Bupati Kutai Timur (Kutim), Ismunandar melantik lima pejabat fungsional pada tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kutim, Kamis (25/6) pagi, bertempat di ruang Tempudau, Kantor Bupati Kutim. Kelima jabatan fungsional tersebut adalah Jabatan Instruktur Ketenagakerjaan pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) Kutim, Jabatan Analis Kepegawaian pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kutim dan Jabatan Pustakawan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kutim.

Dalam sambutannya, Bupati Ismu menyebutkan jika jabatan fungsional sangat berbeda dengan jabatan struktural yang ada pemerintahan. Sebab, pada tenaga fungsional terdapat sejumlah keistimewaan. Salah satunya adalah mudahnya proses kenaikan pangkat pada tenaga fungsional, hanya dengan mencukupi angka kredit dalam target pekerjaan.

“Tenaga fungsional ini memiliki keistimewaan. Mudah naik pangkat asalkan memenuhi capaian angka kredit target pekerjaan. Asalkan angka kreditnya baik, dalam waktu 2 tahun hingga 3 tahun sudah bisa naik pangkat. Kondisi ini berbeda dengan jabatan tenaga struktural yang ada di dalam pemerintahan. Contohnya tenaga guru, banyak guru di kampung yang saat ini pangkatnya sudah IV-a dan IV-b (empat-a dan empat-b, red),” ujar Ismu.

Ditambahkan Bupati Ismu, dirinya berpesan agar pejabat fungsional yang dilantik saat ini bisa mengemban amanah dan menjalankan tanggung jawabnya dalam bekerja, sesuai tugas dan fungsinya di instansi masing-masing. Mampu memberikan sesuatu yang karya yang terbaik dan maksimal, sebagaimana amanah yang sudah diberikan.

“Saya berpesan kepada pejabat fungsional yang baru saja dilantik, untuk dapat bekerja secara maksimal dan memberikan karya terbaiknya bagi daerah dan instansi tempat bekerja saat ini. Amanah yang diberikan sebagai pejabat fungsional, merupakan tanggung jawab dan kepercayaan yang saudara emban. Jangan disia-siakan. Meski sebenarnya cukup hanya dengan memberikan petikan Surat Keputusan (SK) pengangkatan, namun dengan adanya seremonial pelantikan ini, menunjukkan adanya wujud tanggung jawab dari kita semua, terhadap amanah jabatan yang kita terima,” ucapnya. (ibn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *