Mantan Sekda Diusung PKS

Balikpapan – Sejumlah partai yang belum menyampaikan calonnya untuk pengganti antar waktu wakil walikota Balikpapan mulai bermunculan. Salah satunya DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Balikpapan yang akhirnya mengusung nama Sayid MN Fadli. Nama terakhir ini melengkapi daftar pengajuan calon dari partai pengusung pemenang di pilkada Balikpapan.

“Hasil rapat kami memutuskan mantan Sekda Kota Balikpapan, Sayid MN Fadli, sebagai calon pengganti almarhum Thohari Aziz,” ujar Sonhaji, Ketua DPD PKS Kota Balikpapan, saat penyerahan nama calon di gedung dewan, Senin (27/06) siang.

Menurut Sonhaji, ada sejumlah pertimbangan internal dalam penetapan nama Sayid MN Fadli sebagai calon pengganti wakil walikota. Salah satunya jabatan Sekretaris Daerah Kota Balikpapan sebelumnya. Mengingat yang bersangkutan sempat bekerjasama dengan Rahmad Mas’ud yang saat ini terpilih menjadi walikota.

Di mana ketika Rizal Effendi sebagai walikota maju ke pilkada Kaltim mendampingi Sofyan Hasdam di tahun 2018. Otomatis Rahmad Mas’ud menjadi pelaksana tugas (plt) walikota dan Sayid MN Fadli sebagai wakil walikota bayangan. Meskipun tidak menjadi jabatan secara definitif.

“Intinya kami sudah secara selektif menjadi nama yang bakal diusung. Dari penjaringan, penyaringan sampai wawancara mencari kandidat yang paling tepat. Sempat ada nama kader internal juga. Yang jelas DPP sudah keluarkan SK atas nama Sayid Fadli,” tuturnya lagi.

Untuk proses politik, lanjut Sonhaji, pihak fraksi PKS di DPRD Balikpapan menyerahkan sepenuhnya kepada mekanisme yang ada di lembaga legislatif. Yang jelas tetap ada upaya mengawal proses politik pencalonan pengganti antar waktu wakil walikota dari PKS. Mengingat ada tiga nama yang sudah disodorkan sejumlah partai pengusung. Yakni Budiono (PDI Perjuangan), Sabaruddin Panrecalle (Gerindra) dan Denny Mappa (Demokrat).

“Untuk mekanismenya kami serahkan ke pihak dewan. Nanti akan ada dua nama saja yang maju sebagai calon sebelum tahap pemilihan di DPRD. Siapa pun yang jadi tidak masalah. Jadi kami intinya sudah berkontribusi menyerahkan nama yang bakal diusung,” tambahnya. (man)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *