PDAM Kerahkan 30 Pekerja Untuk Atasi Kebocoran Pipa Transmisi IPAM KM.8

Balikpapan- Dalam beberapa minggu ini PDAM Kota Balikpapan mendapat keluhan distribusi Air yang tidak maksimal.

Seperti keluhan didaerah Komplek PGRI RingRoad Perumahan bagian Atas tepatnya di Blok Q , Daerah Atas Sumber Mulia Gunung Pipa dari Rt. 61, 62, 63 dan 64, Daerah Prona Sepinggan, Balikpapan Regency Celebration, Karang Jati Pasar daerah atas dan daerah yang tinggi serta jauh dari Instalasi Pengolahan Air Minum PDAM.

Dari semua keluhan tersebut jelas Humas PDAM Kota Balikpapan, Suryohadi Prabowo, pihaknya menerjunkan Tim Teknis sebanyak 30 orang dengan dibagi menjadi 2 Tim harus bekerja keras menelusuri Permasalahan yang terjadi.

Mengingat Pelanggan yang mengalami gangguan distribusi hanya dibeberapa daerah saja, terutama pelanggan daerah atas dan daerah jauh dari Instalasi.

Hasilnya lanjut Suryo, Tim teknis menemukan titik bocor di pipa air baku dengan panjang pipa Air Baku mencapai 7 Kilometer telah dengan kondisi jalur yang cukup terjal dan tertutup dengan rumput semak belukar. Sehingga cukup mempersulit tim teknis menemukan titik permasalahannya. Dimana instalasi Pengolahan Air Minum KM.8 Batu Ampar akan terjadi penurunan atau kebocoran air yang hilang sekitar 15 liter/detik, Kerusakan pada Pipa Transmisi Air Baku diameter 600 mm Ductile Cast Iron Pipe (DCIP) di Lokasi Hutan Transad KM.10, yaitu Jalur Pipa Air Baku yang mengirimkan Air Waduk Manggar menuju ke Instalasi IPAM KM.8 Batu Ampar.

Untuk menurut Suryo, Tim PDAM Kota Balikpapan akan melakukan perbaikan yang direncanakan pada Hari Rabu, 02 Januari 2019, Jam 10.00 Wita sampai dengan Selesai (Target Pekerjaan perbaikan 1 x 24 Jam, Lebih Cepat Lebih Baik).

Diperkirakan 50% Kota Balikpapan akan terganggu dalam proses perbaikan ini. Adapun daerah yang mengalami gangguan Distribusi Air : Produksi IPAM KM. 8 BATU AMPAR (Seluruh Bpp Utara, Sebagian Bpp Barat, Sebagian Bpp Selatan, Sebagian Bpp Tengah, Sebagian Bpp Timur). (zha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *