PDAM Terus Kejar Target Sambungan Di Atas 100 Ribu

Balikpapan- Mendekati akhir tahun ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Balikpapan terus berusaha mengejar target jumlah pelanggan. Dimana hingga tahun ini layanan PDAM baru mencapai 76% dari atau sekitar 100 ribu sambungan.

Kepala Bagian Hubungan Pelanggan PDAM Balikpapan, Sukono mengatakan salah satu upaya memenuhi target jumlah pelanggan tersebut yaitu melalui pengoperasian waduk Teritip yang sedang dalam proses penyelesaian. Mengingat waduk ini merupakan salah satu proyek strategis nasional yang diharapkan mengurangi beban waduk Manggar yang menjadi sumber air baku utama PDAM.

“Kalau sesuai jadwal seharusnya Desember ini waduk bisa mulai uji coba beroperasi. Namun perkiraan sementara air yang bisa diproduksi yakni sekitar 80 liter per detik dari kapasitas 200 liter per detik,” jelas Sukono.

Menurutnya saat ini jumlah daftar tunggu pelanggan PDAM mencapai 20 ribu sambungan yang belum terlayani karena PDAM perlu mempertimbangkan kapasitas produksi dan sumber air baku yang tersedia. Adapun saat waduk Teritip dioperasikan bisa mengurangi antrian daftar tunggu untuk kawasan Balikpapan Timur.

“Kami bisa pangkas daftar tunggu antara 8 ribu sampai 10 ribu sambungan saat waduk Teritip beroperasi. Tapi hal itu tergantung kepastian pengoperasian yang dijadwalkan akhir Desember ini. Jika meleset maka otomatis target capaian pelanggan tahun ini dilanjutkan ke tahun depan,” ujar Sukono.

Ia berharap keberadaan pasokan air dari waduk Teritip bisa mengurangi blank spot air yang terjadi di Balikpapan. Mengingat selama ini Kota Balikpapan dihadapkan dengan persoalan infrastruktur sumber air baku yang hanya mengandalkan waduk tadah hujan. Karena kota ini tidak memiliki sungai dengan debit besar seperti sungai Mahakam di Samarinda. (zha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *