Wujudkan Pelayanan Prima, PDAM Komitmen Perbaiki Kualitas Air

Balikpapan- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Balikpapan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. Salah satu fokus perhatian PDAM dalam mewujudkan pelayanan prima yakni perbaikan kualitas pengolahan air dari sumber air baku higga sampai ke rumah-rumah pelanggan.

Direktur Teknik PDAM Kota Balikpapan, Arief Purnawarman mengatakan kualitas air yang diterima pelanggan memang melalui beberapa proses yang dilakukan di masing-masing Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM). Selain itu ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas hasil produksi salah satunya kebersihan pipa distribusi yang berfungsi mengalirkan air ke pelanggan.

“Cukup sering kami mendapat keluhan soal kualitas air PDAM yang diterima pelanggan. Mulai dari keruh hingga air yang berbau tidak sedap. Kami mengakui masih banyak perbaikan yang perlu dilakukan dalam proses pengolahan air di PDAM hingga sampai ke konsumen. Dan hal itu yang terus kami tingkatkan setiap tahunnya,” ujar Arief.

Menurutnya sumber air baku PDAM Balikpapan berbeda dengan daerah PPU dan Samarinda yang mengandalkan sungai. Sedangkan di Balikpapan sangat tergantung dengan waduk tadah hujan sehingga ada banyak faktor yang mempengaruhi kualitas airnya. Mulai dari lumut yang tumbuh di waduk hingga penyaringan dan penjernihan air yang bermasalah saat proses pengolahan.

“Pihak kami terus berupaya memperbaiki kualitas air dari sumber sampai ke pelanggan. Agar tidak ada lagi keluhan keruh maupun tidak layak pakai dari konsumen PDAM. Itu sudah merupakan komitmen PDAM sebagai operator pendistribusian air ke pelanggan yang ditunjuk pemerintah di Balikpapan,” jelas Arief.

Adapun terkait untuk pengaduan konsumen bisa menyampaikan melalui call center PDAM di nomor 0542 878991 atau 8789992 dan sms center PDAM di 0816 200 110. Kemudian untuk kebutuhan air yang bersifat darurat bisa menghubungi pos pelayanan tangki di omor 0812 2450 5552 atau mendatangi posko tangki di jalan MT Haryono depan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. (zha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *