Pemkot Lakukan Vaksinasi di Pasar

Balikpapan – Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan menggelar vaksinasi massal bagi pedagang Pasar Baru dan Muara Rapak. Vaksinasi bagi pedagang pasar ini dilakukan di lokasi pasar masing-masing sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan yang menerapkan vaksinasi mobile untuk memperluas cakupan vaksin di daerah.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan kegiatan ini bertujuan mempercepat program pemerintah untuk vaksinasi massal. Oleh sebab itu, pedagang pasar mendapatkan vaksin langsung di lokasi mereka berjualan dan tidak harus mendatangi fasilitas kesehatan yang ada di dekat rumahnya.

“Tujuan vaksinasi massal ini untuk mempercepat program vaksinasi pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19 di seluruh wilayah Kalimantan Timur,” ujarnya kepada wartawan di Balikpapan, Kamis (24/06).

Menurut wanita yang akrab disapa Dio ini jumlah pedagang pasar Muara Rapak yang mengikuti vaksin sebanyak 400 orang. Secara umum animo pedagang mengikuti kegiatan pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan aman dan lancar sesuai dengan yang diprogramkan oleh pemerintah. Sehingga kegiatan vaksinasi ini diharapkan memberi rasa aman dan nyaman kepada para pedagang pasar dan pembeli saat melakukan transaksi jual beli karena para pedagang sudah divaksin.

“Antusiasme warga yang tinggi membuat vaksinasi massal ini berjalan baik, dan tentu kami dari Covid-19 tetap memantau protokol kesehatan selama proses vaksinasi massal ini,” lanjutnya lagi.

Dio tetap menghimbau kepada seluruh pedagang yang sudah mengikuti vaksinasi Covid-19 untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dalam aktivitas jual beli di pasar. Mengingat hingga kini tidak ada jaminan bagi orang yang sudah mendapatkan vaksin terbebas dari penularan Covid-19.

“Kita himbau para pedagang juga meski setelah divaksin tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Tetap jaga kesehatan dan kebersihan diri. Karena ini bagian dari ikhtiar kita semua,” tambahnya. (ana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *