Aksi Serbuan Teritorial, Kodim 0909/SGT Maksimalkan Penegakan Prokes dan Penanganan Dampak Sosial COVID-19

Sangatta – Bertempat di lapangan Makodim 0909/Sangatta Komplek Perkantoran Bukit Pelangi, Rabu (14/10/2020) pagi, dilaksanakan kegiatan Aksi Serbuan Teritorial Kodim 0909/SGT. Kegiatan serupa yang dilakukan serentak di seluruh wilayah yang berada di bawah komando Kodam VI/Mulawarman hari ini, juga dilaksanakan di seluruh Koramil di wilayah Kutai Timur (Kutim).

Dipimpin langsung Dandim 0909/SGT Letkol CZI Pabate, Aksi Serbuan Teritorial ini juga dihadiri Kapolres Kutim AKBP Indras Budi Purnomo, Lanal Sangatta Kapten (P) Safarudin, Sekda Kutim Irawansyah, Kepala BPBD Kutim Syafruddin Syam, Dinkes Kutim, Satpol PP Kutim dan sejumlah pihak terkait. Dalam kesempatan ini, Dandim Pabate penyerahan secara simbolis bantuan kepada masyarakat yang terdampak akibat dari COVID-19 yang hingga saat ini masih terus mewabah.

“Terimakasih saya ucapkan kepada seluruh instansi terkait, TNI-Polri, Pemda (Pemerintah Daerah, red) dan masyarakat yang sudah ambil bagian dalam upacara yang dilaksanakan serentak di wilayah Kodam VI/Mulawarman hari ini, mulai dari Kalimantan Utara, Kaltim dan Kalsel yang dilaksanakan secara serentak dengan judul Aksi Serbuan Teritorial, dalam rangka penegakan protokol kesehatan. Sebenarnya (penegakan Prokes, red) ini sudah kita laksanakan secara terus menerus tidak berhenti. Namun pada hari ini Bapak Pangdam melaksanakan kegiatan secara serentak di seluruh wilayah untuk melaksanakan acara serbuan teritorial dalam rangka penegakan protokol kesehatan. Bahwa di wilayah kita saat ini cenderung meningkat (kasus terkonfirmasi positif COVID-19, red) sehingga ini menjadi pemikiran bagi kita, bagaimana caranya untuk menurunkan,” ucap Dandim Pabate dalam sambutannya dihadapan peserta aksi.

Lanjutnya, selain penegakan protokol kesehatan yang memang harus terus eksis dilaksanakan dan tidak boleh kendor untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, supaya masyarakat benar-benar bisa menyadari bawa protokol kesehatan sangat penting dalam upaya pencegahan penularan COVID-19, dalam kegiatan Aksi Serbuan Teritorial ini dilakukan pembagian sembako untuk masyarakat yang terdampak akibat pandemi COVID-19.

“Selain fokus pada upaya penegakan Prokes, dalam kegiatan kali ini juga kita sempatkan untuk berbagi kepada saudara-saudara kita yang sangat terdampak oleh pandemi COVID-19. Pembagian sembako kepada orang-orang yang terdampak langsung akibat pandemi COVID-19 ini juga sangat terdampak dilaksanakan di lapangan langsung oleh Babinsa, Babinkamtibmas dan pihak-pihak terkait. Ada lebih kurang 200 paket bantuan sembako yang kami berikan kepada masyarakat dan 100 paket sendiri yang ada di Kodim, kemudian 100 paket lagi di jajaran Koramil di seluruh wilayah Kutai Timur, yang hari ini juga serentak kita langsung bagikan. Mudah-mudahan apa yang kita buat selama ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, termasuk juga kita lakukan pembagian masker khusus di Kutim ada 20.000 masker. Sehingga masker ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat tidak hanya sekali bisa digunakan untuk sekali atau dua kali karena bisa dicuci (masker, red),” jelas Pabate.

Lebih jauh, Pabate mengakui jika apa yang dilakukan saat ini memang masih jauh dari kata memuaskan. Namun upaya yang dilakukan oleh TNI-Polri, Pemda dan instansi terkait dalam upaya pencegahan penularan COVID-19 di Kutim tetap semaksimal mungkin, meski ada batas kemampuan. Namun dirinya berharap tetap mendatangkan manfaat bagi masyarakat dan dapat mengurangi dampak penyebaran COVID-19.

“Memang apa yang sudah kita lakukan saat ini jauh dari kata memuaskan, meski kita tetap berbuat secara maksimal. Tentunya kita juga punya batas kemampuan. Tetapi kita tetap berharap apa yang kita lakukan ini semoga bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat dan dapat mengurangi dampak penyebaran COVID-19 di Kutim,” harapnya. (RAI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *