Mobile Lab PCR COVID-19, Hasil Tes Cepat, Akurat dan Gratis

SANGATTA—Keberadaan mobil laboratorium PCR COVID-19 di Kabupaten Kutai Timur yang merupakan bantuan dari Pemprov Kaltim, mendapatkan apresiasi tinggi dari warga Kutim.

Terlebih bagi warga yang melakukan tes PCR atau swab COVID-19, tidak perlu menunggu waktu lama untuk mengetahui hasil tes swab yang mereka lakukan pada mobil lab PCR COVID-19 tersebut. Hanya cukup menunggu selama 24 jam ke depan, hasil tes swab sudah bisa diketahui, apakah warga yang melakukan tes swab dinyatakan terkonfirmasi positif ataukah negatif COVID-19.

Seperti yang diungkapkan Elis (33 tahun) warga G-House Kecamatan Sangatta Utara yang datang ke lokasi pengambilan tes swab mobil lab PCR COVID-19 di Jalan AW Syahrani Sangatta Utara, Rabu (25/11/2020) siang.

Bersama seorang kakak perempuannya, wanita yang kesehariannya bekerja pada perusahaan sub kontaktor pertambangan batubara di Kota Sangatta ini, keduanya melakukan pengambilan tes swab karena ayah kandungnya dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19, Selasa (24/11/2020) kemarin, setelah sehari sebelumnya juga melakukan pengambilan tes swab di lokasi yang sama.

“Saya datang ke sini (lokasi tes swab COVID-19, red) bersama kakak saya, untuk melakukan tes swab COVID-19. Sebab bapak kami, kemarin (Selasa, 24/11/2020) dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19, setelah sehari sebelumnya juga melakukan tes swab di tempat ini.

Sebagai kontak erat karena tinggal serumah dengan orang tua, maka saya wajib memeriksakan diri dengan melakukan tes swab. Sedangkan kakak saya, tidak tinggal serumah dengan orang tua, namun hari ini tetap ikut di tes swab,” ucap Elis.

Ditambahkan, dengan adanya mobil lab PCR COVID-19 di Kutim, tentu lebih memudahkan warga yang memang masuk kriteria kontak erat, suspek ataupun probable dalam melakukan tes swab COVID-19.

Selain tidak dipungut biaya atau gratis, hasilnya juga lebih cepat diketahui, hanya dalam waktu 24 jam ke depan. Terlebih sebagai karyawati perusahaan, dirinya dituntut untuk bisa menyertakan bukti tes swab yang sah dengan hasil dinyatakan negatif, jika ingin kembali bekerja di kantor.

“Saya sangat mengapresiasi keberadaan mobil lab PCR COVID-19 ini di Kutim. Dengan adanya mobil lab ini, maka warga yang memang statusnya kontak erat, suspek atau probable bisa dengan mudah melakukan tes swab. Terlebih gratis dan hasilnya juga bisa diketahui hanya dalam waktu 24 jam ke depan. Jadi besok saya sudah bisa mengetahui, apakah kami ini terkonfirmasi positif atau negatif COVID-19.

Selain itu, hasil swab juga menjadi tuntutan pihak manajemen kantor tempat saya bekerja. Jika negatif (COVID-19, red) maka saya boleh bekerja seperti biasa,” jelasnya Elis.(Ijr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *