PDAM Ingatkan Pelanggan Konsisten Bayar Tagihan

Balikpapan – Sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi perekonomian di tengah pandemi Covid-19, PDAM sudah memberikan kemudahan kepada pelanggan melalui program gratis 10 kubik air setiap bulannya. Untuk itu PDAM terus mendorong kepada pelanggan agar membayar tagihan air tepat waktu sebagai bentuk dukungan kinerja PDAM.

Kepala Sub Bagian Customer Service PDAM Balikpapan, Suryo Hadi Prabowo mengatakan dalam konteks PDAM Balikpapan, pelanggan yang disebut ‘mitra’ juga harus memperhatikan tagihannya. Kendati, PDAM memang mendapatkan ‘rezeki’ dari pelanggannya, hanya kewajiban pelanggan juga  harus diperhatikan yaitu membayar tagihan air tepat waktu.

“Kami tetap memberi toleransi kepada pelanggan. Jika terlambat membayar rekening air 1 bulan (lewat tanggal 20 tiap bulan) tentu hanya didenda 10 persen dari tagihan air yang dibayarkan bulan itu. Tapi kan sayang, pelanggan harus menambah biaya,” jelasnya.

Menurut Suryo sesuai ketentuan PDAM jika sudah menunggak 2 bulan, tentu petugas PDAM akan menyegel meter air milik pelanggan tanpa pemberitahuan. Sedangkan di bulan ke-4 melewati tanggal 20, PDAM akan memutus status dan meter air pelanggan. Hal ini tentu merugikan  pelanggan dan PDAM sendiri yang tidak mendapat pelayanan distirbusi air.

“Kami cukup memahami kondisi ekonomi di tengah pandemi saat ini. Kami juga sudah berkontribusi memudahkan metode pembayaran lewat online, penghapusan denda hingga penggratisan 10 kubik air. Jadi kami ingin pelanggan juga peduli soal kewajiban membayar tagihan air itu,” lanjutnya.

Suryo menambahkan PDAM masih memberikan kesempatan kepada pelanggan yang merasa keberatan terhadap tagihannya, untuk dapat langsung menyampaikan keberatannya ke kantor PDAM di bagian Customer Service. Sebab membayar air tepat waktu telah membantu pelanggan dan PDAM. Karena, dari sisi PDAM, pemasukan BUMD ini membantu dalam biaya operasional yang digunakan, sekaligus dana itu pun untuk kepentingan perawatan pipa dan kualitas air dan lainnya. Sehingga, kewajiban PDAM mendistribusikan air bersih ke pelanggan dapat dilakukan maksimal, tentu pelanggan harus membayar tagihan air tepat waktu. (zha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *