PDAM Targetkan 10 Ribu Sambungan Baru Dari Rencana Waduk Tritip

Balikpapan – Adanya titik blank spot air di berbagai titik di Balikpapan merupakan pekerjaan rumah yang belum terselesaikan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Balikpapan hingga kini. Hal ini cukup dirasakan oleh warga kota yang berada di kawasan timur Balikpapan. Apalagi saat ini ada 20 ribu antrian daftar tunggu sambungan yang menanti menjadi pelanggan PDAM.

DirekturTeknik PDAM Kota Balikpapan, Arief Purnawarman mengatakan waduk Teritip merupakan salah satu solusi atas blank spot air yang terjadi hingga saat ini. Mengingat proyek strategis nasional di Kaltim senilai Rp 270 miliaritu digadang-gadang mampu menjadi sumber air baku pendamping waduk manggar.

“Dari waduk itu kami targetkan secara bertahap dapat 8 hingga 10 ribu sambungan baru,” kata Arief. Sehingga warga yang berada di kawasan Balikpapan TImur tidak lagi merasakan kesulitan pasokan air.

Meski begitu lanjutnya, pihak PDAM baru sebatas memperkirakan jumlah sambungan baru yang bisa terlayani. Namun masih ada factor lain yang harus diperhatikan. Yakni kapasitas sumber air baku yang tersedia ketika waduk Teritip beroperasi.

“Penambahan pelanggan harus berbanding lurus dengan banyak tidaknya sumber air baku,” jelas Arief. Sebab hasil produksi instalasi pengolahan Air (IPA) yang dibangun di waduk Teritip akan difokuskan untuk melayani kawasan timur Balikpapan. Seperti kelurahan Teritip, Lamaru, Batakan, Manggar Baru, Manggar dan Sepinggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *