Antisipasi Pencurian Meter Air, PDAM Terus Himbau Pelanggan

Balikpapan- Sebagai perusahaan yang melayani masyarakat, PDAM Kota Balikpapan terus melakukan kegiatan pencegahan tindak kriminal terhadap pelanggannya. Terutama dalam usaha mencegah pencurian meteran air. Mengingat kasus ini sempat marak terjadi di Balikpapan dan sudah ditangani pihak kepolisian.

Kepala Bagian Hubungan Pelanggan PDAM Balikpapan, Sukono mengatakan, PDAM sudah bekerjasama dengan kepolisian penindakan kasus pencurian meter air. Sementara dari segi internal, PDAM berupaya memastikan tidak ada keterlibatan oknum PDAM dalam kasus ini.

Selain itu lanjutnya, PDAM sudah sejak lama mengeluarkan himbauan yang berisi 4 poin. Yakni pertama, meminta pelanggan agar menolak orang yang mengaku petugas PDAM tapi tidak dilengkapi kartu tanda pengenal dan seragam resmi. Kedua, tidak melakukan pendaftaran pemasangan sambungan air di jalur ilegal sebab dikhawatirkan meter air yang dipasang adalah barang curian. Ketiga, memperkarakan seara hukum terhadap pemilik usaha barang bekas yang membeli meter air tanpa jelas asal usulnya. Keempat, meminta pengusaha perumahan untuk menggunakan jalur resmi untuk pemasangan jaringan distribusi air bagi warga di perumahannya.

“Himbauan itu kami buat sebagai bentuk kewaspadaan baik bagi PDAM maupun masyarakat sebagai pelanggan. Kami juga meminta masyarakat untuk berinisiatif melapor kepada PDAM jika terjadi pencurian meter air di lingkungannya dengan menghubungi PDAM maupun kepolisian,” Harap Sukono. (zha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *