Peduli Daerah Tinggi, PDAM Himbau Biasakan Tampung Air

Balikpapan- Sebagai upaya mendidik masyarakat untuk peduli terhadap air, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Balikpapan menghimbau pelanggan untuk membiasakan selalu menampung air. Kegiatan tersebut selain mempermudah cadangan air di rumah juga sebagai bentuk kepedulian kepada pelaggan di daerah tinggi yang masih sering tidak kebagian air.

Direktur Utama PDAM Kota Balikpapan, Haidir Effendi mengakui pelanggan yang berdomisili di kawasan perbukitan masih sering mengeluhkan distribusi air ke wilayah mereka yang tidak setiap hari. Sementara air merupakan kebutuhan pokok untuk kegiatan sehari-hari. Namun dengan kondisi topografi kota Balikpapan yang tidak rata (flat) seperti Samarinda membuat pasokan air juga memerlukan waktu.

“Kami akui ada banyak hambatan yang dihadapi dalam penyediaan air bagi pelanggan di daerah tinggi. Sementara PDAM juga punya kewajiban melayani kebutuhan air masyarakat secara merata baik kawasan tinggi maupun rendah,” ujar Haidir.

Karena itu lanjutnya, kebiasaan menampung air bisa menjadi salah satu solusi bagi pemerataan kebutuhan air pelanggan di Balikpapan. Sebab hal itu sesuai dengan hukum air yang mengalir ke wilayah rendah terlebih dahulu. Sehingga saat pelanggan di daerah rendah sudah menampung air maka proses distribusi ke wilayah tinggi bisa dilakukan.

“Jadi bagi pelanggan PDAM kami minta agar bijaksana menggunakan air. Karena memiliki penampungan air di rumah menjadi hal yang harus bagi semua pelanggan. Selain itu kami ingin semua pelanggan bisa mendapatkan kebutuhan airnya secara merata,” jelas Haidir.

Adapun saat ini, PDAM mengelola 9 Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) yang terus menyuplai kebutuhan air bersih bagi pelanggan PDAM di tiap kecamatan. Sementara sumber air baku PDAM masih tergantung dengan waduk Manggar karena waduk Teritip baru dalam tahap uji coba pengoperasian. (zha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *